Fakultas Ilmu Sosial dan Politik - Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Meraih Penghargaan 10th GATSBY Student Award



Dua orang mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret  Singgih Nugroho (D0210110) dan M. Nanda Satrio (D0212073) berhasil menerima penghargaan Grand Prize "The Greatest Gatsby" dalam final  ajang kompetisi 10th GATSBY Student CM Award. Mereka telah melakukan presentasi di Tokyo Harajuku Quest Hall Jepang pada tanggal 30 Januari 2016 waktu setempat melalui dengan karyanya yang berjudul “Slippery Fingers on the Keyboard”
 GATSBY Student CM Award adalah kontes pembuatan video pesan komersial dengan produk GATSBY sebagai materi utamanya.  Kontes ke-10 telah diikuti oleh orang-orang yang bertujuan menjadi kreator video dan oleh para pelajar dari berbagai negara dan daerah. GATSBY telah memberikan kesempatan pada para pelajar yang ingin mencoba kegiatan pembuatan film dan mempresentasikan hasilnya untuk mendukung kegiatan kreativitas anak muda.
Singgih dan M. Nanda menang dalam kategori CM tanpa diedit, dimana dalam proses tersebut  ada ketentuan yang harus ditaati oleh peserta yaitu tidak boleh melakukan proses editing tetapi boleh di-cut untuk menentukan start point dan end pointnya agar sesuai dengan durasi yang ditentukan.  Ajang tersebut diikuti oleh banyak peserta  yang  berstatus sebagai pelajar dari SMA, SMK, D3, mahasiswa S1, S2 dan S3 dari Kanada, Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Mongol, Malaysia, Taiwan, Thailand, Inggris dan Amerika Serikat (apapun kewarganegaraannya) walaupun tidak ada  batasan bahwa yang tampil harus pelajar.
Karena berdasarkan ketentuan dari pihak panitia yang hanya menanggung biaya transport pulang-pergi untuk 1 orang delegasi/wakil maka kehadiran member atau teman dengan biaya sendiri. adapun para juri yang ada dalam ajang tersebut adalah Hideki Kuroda CM Director, Sudah menangani karya iklan yang tidak terlupakan seperti Mandom/GATSBY, Suntory/PEPSI-MAN series, Zoff, Jumbo Lottery, dll. Dan juga pernah menyutradarai music video untuk SMAP, Momoiro Clover, dll. Karya yang beliau tangani mempunyai ciri khas ekspresi yang unik, diakui sebagai seorang pelopor trend di dunia perfilman iklan. Takaaki Yamazaki, Watson‐Crick, Creative Director/CM Planner Tatsuya Tsujinaka Dentsu Inc.-Kansai Senior Creative Director, Akio Okumura Desainer/Dosen tamu Kyoto University Daisuke Takagi Dentsu Inc.-Kansai Art Director.
Para peserta  dalam ajang kompetisi ini  telah melakukan  pendaftaran karya sejak bulan Agustus 2015 hingga 2 Nopember 2015, dan dilakukan tahap penjurian  dari  awal Desember 2015 dan penentuan penjurian akhir Desember 2015. Dan malam puncak pemberrian penghargaan  diberikan 30 Januari 2016 ini. Dalam kompetisi tersebut Singgih dan Nanda  mendapatkan penghargaan Memorial cube, Hadiah 150,000 yen,