Fakultas Ilmu Sosial dan Politik - Universitas Sebelas Maret

Sejarah FISIP


Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP-UNS) berdiri pada tahun 1976, bersamaan dengan peresmian berdirinya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dengan Keputusan Presiden RI Nomor : 10 Tahun 1976 tentang Pendirian Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret.

 

Pada saat kelahirannya, FISIP bernama Fakultas Sosial Politik, dan merupakan salah satu dari 9(sembilan) fakultas yang dibuka pada waktu itu : (1)Fakultas ILmu Pendidikan;(2)Fakultas Keguruan;(3)Fakultas Sastra Budaya;(4)Fakultas Sosial Politik;(5)Fakultas Hukum;(6)Fakultas Ekonomi;(7)Fakultas Kedokteran;(8)Fakultas Pertanian; dan (9)Fakultas TEknik.

 

Pada saat berdiri, FISIP memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Administrasi Negara dan Jurusan Publisistik. Pada tahun 1982, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 55 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Sebelas Maret, nama Fakultas Sosial Politik diubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP-UNS). Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor : 017/0/1983, tanggal 14 Maret 1983 nama Jurusan juga berubah, menjadi Jurusan Ilmu Administrasi dan Jurusan Ilmu Komunikasi. 

 

Dengan Surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor : 055/0/1983 tanggal 8 Desember 1983 tentang “Jenis dan Jumlah Jurusan pada Fakultas di Lingkungan Universitas Sebelas Maret”, FISIP-UNS menambah satu Jurusan baru, yaitu Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Jurusan ini khusus melayani Mata Kuliah Dasar Umum di semua Program Studi (Prodi) di lingkungan Universitas Sebelas Maret dan berada di bawah tim MKDU Universitas Sebelas Maret.
 

Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (SK Dirjen Dikti Depdikbud) Nomor : 27/Dikti/Kep./1986 tanggal 29 Mei 1986, di FISIP-UNS dibentuk Program Studi Sosiologi yang mengawali programnya pada semester Juli-Desember 1986.

 

Kemudian dengan SK Dirjen Dikti Nomor : 66/Dikti/Kep./1998, tanggal 2 Maret 1998 Program Studi Sosiologi menjadi Jurusan Sosiologi yang merupakan Program Sarjana (S1) dan berada dibawah Dekan. Kemudian Jenis dan jumlah Prodi di setiap Jurusan pada Fakultas-Fakultas di lingkungan UNS juga ditata/dibakukan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 222/Dikti/Kep./1996 tentang Program Studi pada Program Sarjana di Lingkungan Universitas Sebelas Maret. Prodi untuk Jurusan Ilmu Administrasi, Jurusan Ilmu Komunikasi dan Sosiologi masing-masing adalah Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi dan Sosiologi.

 

Pada bulan Juli tahun 2013, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 257/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Hubungan Internasional (S-1) pada Universitas Sebelas Maret di Surakarta secara resmi berdirilah Jurusan Hubungan Internasional (HI). Dengan berdirinya Jurusan Hubungan Internasional maka Program Studi di lingkungan FISIP-UNS menjadi empat yaitu Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Hubungan Internasional.