Kuliah Kerja Lapangan Sosiologi Pedesaan

Kuliah Kerja Lapangan Sosiologi Pedesaan



Kamis. 24 Maret 2016, mahasiswa dari Prodi Sosiologi yang mengambil mata kuliah Sosiologi Pedesaan menyelenggarakan kuliah kerja lapangan (KKL)  yang dilaksanakan di Desa Sapen Karanganyar. Kegiatan dimulai dari Sambutan Ketua Kelas, Sdr. Satrio yang menyampaikan terima kasih atas perkenannya Bapak Kepala Desa,, dan semua perangkat desa yang mengijinkan atas kegiatan ini.
Dalam kesempatan KKL Sosiologi Pedesaan ini Dr. Ahmad Zuber selaku Pembimbing menyampaikan bahwa dimensi kultural dan struktural sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun madyarakat desa. Dimensi kultural meliputi nilaiu-nilai, norma, kebiasaan, dan juga keyakinan-keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat desa. Sedangkan dimensi struktural antara lain meliputi:  letak geografis, SDM, pola pemukiman, pasar, dan sarana prasarana lainnya.
Bapak Waris Sukaryadi, S.Sos., alumni FUSIP UNS Angkatan 1986 menyampaikan bahwa secara kultural di desa Sapen telah terjadi transformasi karena pengaruh budaya kota. Namun solidaritas, gotong royong, dan kebersamaan nasih kenthal di Desa Sapen. Lima lembaga resmi desa, yaitu RW, RT, PKK, Karang Taruna, dan BPD keberadaanya sangat vital untuk kemajuan dan pembangunan Desa Sapen.
  Bagi mahasiswa Prodi Sosiologi kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya mengajak terjun langsung dilapangan, melihat kondisi riil dan memetakan persoalan dilapangan guna mendapatkan solusi yang sesuai dengan realita yang ada.